Hasil Tafakur Kh.Cep Herry Untuk Santrinya: "PANCA JIWA PESANTREN"

Tanamkan Panca Jiwa Pesantren pada santri Sabilurrahim (Foto by istilam)


Sabilurrahim.com-Santri-santri sabilurrahim selalu ditanamkan Panca Jiwa Pesantren Sabilurrahim yang dikarang langsung oleh Kh.Cep Herry Syarifudin (Pengasuh Ponpes Sabilurrahim) melalui hasil Tafakurnya pada Bulan Mei Tahun 2014 silam. 

Adapun isi dari panca jiwa sebagai berikut: 

1. Keikhlasan. Setiap santri harus mendasari segala perbuatannya dengan ketulusan, semata-mata mengharap ridho ALLAH.

2. Kemandirian. Di pesantren, setiap santri dididik untuk hidup mandiri, tidak manja, memiliki kesadaran dan tanggungjawab yang besar.

3. Kedisiplinan. Setiap santri selalu dituntut hidup teratur dan tertib, patuh pada peraturan. Ia harus menerapkan kedisiplinan baik dalam belajar, beribadah, bekerja, termasuk mendisiplinkan diri sendiri.

4. Kesabaran. Selama belajar dan hidup bergaul di pesantren, sudah pasti banyak halangan dan cobaan yang dialami santri. Karena itu dibutuhkan kesabaran dan ketabahan yang tinggi dalam menjalaninya agar bisa istiqomah belajar dan mencapai kesuksesan yang diidam- idamkan.

5. Kebersamaan. Dunia pesantren identik dengan solidaritas, kebersamaan, senasib sepenanggungan, gotong royong, tolong menolong dalam kebenaran dan taqwa, bukan tolong menolong dalam dosa dan permusuhan. Tidak boleh hidup egois atau indivualis. Sesungguhnya persahabatan antar santri lebih erat daripada persaudaraan seketurunan. Karena itu dibutuhkan tenggang rasa, mengalah untuk menang, berbesar hati, suka meminta maaf dan memaafkan kesalahan teman, serta saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Itulah Panca Jiwa Pesantren Sabilurrahim yang selalu ditanamkan oleh Kh.Cep Herry Syarifuddin kepada siapa saja yang menjadi santri di Pondok Pesantren Sabilurrahim.

Penulis: KH.Cep Herry Syarifuddin (Pengasuh Ponpes Sabilurrahim) // Editor: Asep 

LihatTutupKomentar